Penyebab Knalpot Motor Vario Berasap

  • Diterbitkan : 09 Aug 2022

Bisa jadi karena telah terjadi kebocoran di beberapa komponen yang berakibat knalpot Vario 125 mengeluarkan asap putih. Oleh karena itu Anda harus memastikan oli yang digunakan sudah memenuhi standard SAE atau belum. Ketika ring piston aus berarti sudah tidak dalam keadaan prima, yang menyebabkan knalpot mengeluarkan asap putih. Apabila kondisi ini dibiarkan, mesin motor akan melemah dan harus segera mengganti satu set ring piston. Ketika komponen ini rusak, oli mengalir keluar jalur yang apabila dibiarkan akan menuju ruang pembakaran. Jika knalpot Vario 125 milik Anda mengalami hal seperti itu, segera periksa menyeluruh apakah ada komponen yang bermasalah.

Knalpot Honda Vario Berasap

Knalpot Honda Vario Berasap

Jawaban:. - Hallo detikOto, selamat siang, motor saya Honda Vario yang sudah mencapai 45.000 km. Saya mau tanya kenapa knalpotnya berasap? Saya belum sempat ke bengkel, kemarin sempat dicek oleh teman yang ngerti motor, katanya sehernya perlu diganti.Apa benar itu bisa jadi penyebabnya?Salam Satu HatiMay SallySalam kenal juga May Sally, langsung saja menjawab pertanyaan seputar Vario yang mengeluarkan asap kemungkinan ada indikasi oli mesin masuk ke ruang bakar, jadi oli ikut terbakar bersama proses pembakaran.Biasanya hal ini terjadi karena adanya keausan pada piston, ring piston dan liner silinder serta seal klep.Jika dicek pada oli mesin biasanya oli mesin cepat menghitam dan berkurang. Solusinya bisa dengan cara mengganti piston, ring piston & liner silindernya atau jika liner tidak di ganti, maka bisa di corter dan di ganti dengan piston yg lebih besar (overize).Bersamaan dengan itu, cek juga kondisi oil seal klep di head silinder serta adanya kemungkinan kebocoran oli dari bos klepnya. Tentunya untuk melakukan ini semua di butuhkan keahlian seorang mekanik yang berpengalaman di bidangnya, saran saya di AHASS kepercayaan Anda.Demikian, terima kasihAndriyanto, Bintang Motor.

Knalpot Motor Injeksi Ngebul, Begini Cara Mengatasinya

Knalpot Motor Injeksi Ngebul, Begini Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta - Knalpot sepeda motor injeksi kadang juga bisa mengeluarkan asap tebal, layaknya roda dua dengan sistem pembakaran karburator. Pada dasarnya, knalpot motor injeksi yang ngebul atau dikenal juga dengan istilah fogging, bisa disebabkan karena dua hal, yaitu proses pembakaran di mesin kurang maksimal. Untuk masalah yang pertama ini, disebabkan karena bensin yang masuk tidak dibakar sempurna karena udara yang kurang. Solusinya cukup penyetelan ulang di ECU atau electronic control unit.

Kemudian yang kedua, jika asap yang keluar berwarna putih, bisa jadi oli mesin naik dan masuk ke ruang bakar hingga ikut terbakar. Kondisi ini bisa disebabkan karena banyak faktor, bisa karena ring piston kering, sil klep sudah aus, piston sudah baret, atau celah kelep bocor. Disitat dari laman resmi Suzuki Indonesia, khusus untuk asap putih, motor dengan sistem injeksi ataupun jenis karburator, pada dasarnya cara penanganannya masih tetap sama, yaitu jika ring piston sudah aus karena sudah digunakan cukup lama, mau tidak mau harus diganti, terlebih jika motor seriung digunakan dan sudah satu tahun belum diganti. Piston baret karena sering terlambat ganti oli mesin, mau tidak mau penanganannya harus segera mengganti piston dengan yang baru. Tapi jika dinding silindernya ikut baret, lakukan dulu oversize dan ganti piston yang sesuai dengannya.

7 Cara Mudah Menghilangkan Asap Putih dari Knalpot

7 Cara Mudah Menghilangkan Asap Putih dari Knalpot

Jangan salah, ternyata ada beberapa faktor yang mengakibatkan hal ini terjadi, tetapi tenang karena terdapat cara menghilangkan asap putih dari knalpot motor. Maka dari itu kamu perlu mengganti seal katup dengan katupnya sekaligus, karena jika hanya salah satu saja, pasti masih akan timbul masalah yang sama.

Fungsi dari seal katup tersebut tidak akan bisa berjalan secara maksimal apabila komponen ini mengalami pengerasan, sehingga mengakibatkan kebocoran. Solusinya, kamu harus membawa kendaraanmu ke bengkel resmi untuk memastikan bahwa komponen yang menyebabkan asap ngebul adalah seal katup, sehingga bisa melakukan penggantian. Peristiwa ini cenderung membuat bingung pengguna mobil maupun motor karena mengira ada kebocoran pada sistem oli, padahal memang jenis olinya yang mudah menguap.

Penggunaan oli yang tidak sesuai dengan jenis kendaraan akan mengakibatkan overheating sehingga menjadi penyebab knalpot motor keluar asap putih tipis.

7 Penyebab Mesin Ngebul Yang Harus Kamu Waspadai

7 Penyebab Mesin Ngebul Yang Harus Kamu Waspadai

Ketika kamu mengalami kondisi mesin ngebul, biasanya penyebab motor berasap dipengaruhi oleh sejumlah komponen, Sob! Dalam kondisi seperti ini, tentunya kamu wajib melakukan pengecekan secara menyeluruh terkait penyebab mesin ngebul.

Sebagai informasi untuk kamu, pada dasarnya setiap mesin memiliki spesifikasi teknis sesuai dengan ketentuan SAE. Kalau hal ini tidak diatasi, tenaga mesin bisa melemah, terutama saat pertama kali dinyalakan di pagi hari. Ketika ada baret di blok silinder, oli motor bisa merembes lewat celah bawah ke ruang bakar. Jika dibiarkan, oli akan mengalir ke ruang bakar, yang akhirnya bisa menyebabkan mesin ngebul dalam kurun waktu mendatang. Tentunya hal ini bisa menyebabkan mesin ngebul, dan biasanya juga knalpot motor keluar asap putih. Komponen gas buang tipe ini menggunakan sistem semprot oli ke knalpot untuk bertahan di suhu yang tinggi.

Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah). Atas pasal itu, pihak kepolisian bisa menilang pengendara motor yang menggunakan knalpot tidak memenuhi syarat laik jalan.

Keluar Asap Putih Dari Knalpot, Ternyata Ini Penyebab dan Solusinya

Keluar Asap Putih Dari Knalpot, Ternyata Ini Penyebab dan Solusinya

GridOto.com - Seorang bikers mengeluhkan Honda BeAT injeksinya keluar asap putih dari knalpot. Baca Juga: Apa Kelebihan Blok Silinder Super Cast Iron Yang Dipakai Motor Bore Up? "Hal itu yang menyebabkan keluar asap putih dari knalpot, oli mesinnya ikut terbakar di ruang bakar," kata Zenal saat ditemui di Jalan Pitara Raya No.11, Depok, Jawa Barat.

Menurut Zenal ada beberapa penyebab dinding liner pada blok silinder baret. Salah satunya disebabkan oleh volume oli mesin yang sedikit bahkan sudah habis tapi dibiarkan. Akhirnya Zenal memutuskan untuk ganti blok silinder dan piston kit baru. Baca Juga: Body Carbon Kevlar Patah Atau Baret Bisa Diservis, Begini Prosesnya.

Kenapa Knalpot Motor Tiba-tiba Berasap?

Kalau knalpot motor mengeluarkan asap berwarna hitam, itu tandanya merupakan efek dari bahan bakar. Jika asap akibat bahan bakar atau karburator berwarna hitam, lain halnya dengan oli.

Ketika knalpot motormu mengeluarkan asap, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan. Namun kalau kamu ga yakin, minta tolong sama teknisi di bengkel, ya!

Apabila knalpot mengeluarkan asap hitam, artinya ada gangguan dalam proses pembakaran bahan bakar pada mesin. Nah, kalau asap yang keluar berwarna putih, kamu sudah tau kan sekarang, itu tandanya ada masalah dengan oli? Ternyata, oli itu ga bakal mengalir ke ruang bakar hingga knalpot, jika seal klep masih dalam kondisi bagus.

Knalpot Motor Berasap Putih Cuma Tiap Pagi, Gejala Apa?

Knalpot Motor Berasap Putih Cuma Tiap Pagi, Gejala Apa?

VIVA.co.id – Masalah asap putih pada knalpot motor kerap ditemui pemilik kendaraan. Biasanya banyak orang langsung beranggapan jika masalah itu datang akibat rusaknya bagian ring atau seher.

Untuk mengenalinya, ada cara mudah yang bisa diterapkan, yakni dengan melihat kondisi dan waktu asap putih keluar dari knalpot. Apabila asap putih keluar setiap berjalan dari mulai dihidupkan, bisa jadi menyerang pada silinder head, ring dan seher mesin.

Tapi kalau hanya keluar dalam kondisi pagi atau saat mesin dingin ini menandakan bahwa sil klep sudah aus. Bocornya sil klep memang kerap terjadi, hal ini dikarenakan akibat masa guna kendaraan. Apabila pada katup klep terdapat kerak oli, hal ini menandakan bahwa ada kebocoran yang dikarenakan sil sudah aus sehingga menyebabkan oli rembes hingga masuk ke ruang bakar.